Pinterest vs. Google untuk Meningkatkan Traffic

#Google atau #Pinterest. Meskipun keduanya merupakan sumber lalu lintas yang sangat baik, keduanya memiliki perbedaan utama yang harus Anda ketahui.
Pinterest vs. Google

VLUTER.COMPinterest vs. Google untuk Meningkatkan Traffic. Jika Anda tertarik untuk menarik lebih banyak traffic ke situs Anda, maka Anda mungkin bertanya-tanya platform mana yang lebih baik untuk kebutuhan Anda: Google atau Pinterest. Meskipun keduanya merupakan sumber untuk meningkatkan traffic yang sangat baik, keduanya memiliki perbedaan utama yang harus Anda ketahui.

Google pada dasarnya adalah mesin pencari web yang dikunjungi pengguna ketika mereka mencari informasi tertentu. Di sisi lain, Pinterest adalah mesin pencari visual yang menggunakan pin dan papan untuk mengatur dan menyimpan ide.

Google seringkali lebih baik untuk tujuan penelitian karena menawarkan hasil yang lebih luas dan informasi yang lebih rinci. Pinterest, di sisi lain, bisa lebih baik jika Anda ingin menemukan ide untuk sebuah proyek atau terinspirasi oleh apa yang telah dilakukan orang lain sebelumnya.

Ada juga beberapa kesamaan antara kedua platform. Keduanya dapat menjadi sumber lalu lintas yang sangat baik untuk situs web Anda dan keduanya memiliki fungsi pencarian yang kuat yang membantu Anda menemukan konten dari seluruh web. Pada akhirnya, pilihan platform mana yang akan digunakan tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda. 

Pada artikel ini, saya akan mengeksplorasi perbedaan dan persamaan utama antara SEO Pinterest dan Google SEO, untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang mana yang tepat untuk Anda.

* * * * *

Cara Kerja Pencarian Google vs. Pinterest

Internet adalah lanskap yang luas dan selalu berubah, dan mengikuti tren terbaru dapat menjadi tantangan.

Ketika datang ke mesin pencari, ada dua pemain utama: Google dan Pinterest. Keduanya menawarkan fitur dan manfaat yang berbeda, tetapi bagaimana perbandingannya

Pencarian Google

Mesin pencari Google adalah yang paling populer di dunia, menangani lebih dari 8,5 miliar pencarian per hari. Saat Anda menggunakan Google, Anda biasanya memiliki tujuan atau pertanyaan tertentu dalam pikiran. Misalnya, Anda dapat menelusuri "cara membuat kue" jika Anda mencari petunjuk membuat kue.

Perbandingan pencarian Google kemudian akan memberi Anda daftar hasil yang relevan, yang dapat Anda klik untuk menemukan informasi yang Anda cari. Untuk mendapat peringkat di halaman pertama hasil Google, konten Anda harus ditulis dengan baik dan relevan dengan maksud pencari . Cara terbaik untuk mengoptimalkan situs Anda untuk Google adalah melalui SEO atau optimasi mesin pencari. Ini adalah proses membuat situs Anda seramah mungkin ke mesin pencari sehingga peringkatnya tinggi di halaman hasil.

Ada beberapa teknik berbeda yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan SEO Anda, termasuk mengoptimalkan judul dan tag meta situs web Anda, menggunakan konten kaya kata kunci, dan membangun tautan balik dari situs web lain. Mempelajari SEO dapat memakan waktu dan usaha, tetapi ini adalah keterampilan yang berharga untuk dimiliki karena dapat digunakan untuk meningkatkan peringkat situs web Anda di semua mesin telusur, bukan hanya Google.

Jika Anda tidak punya waktu untuk menerapkan strategi SEO yang tepat, maka mempekerjakan seorang ahli seringkali merupakan solusi terbaik. Spesialis SEO yang berpengalaman akan dapat membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari situs web Anda, dan ini bisa menjadi investasi berharga yang akan membayar Anda kembali dalam jangka panjang.

Pencarian Pinterest

Pinterest adalah alat penemuan visual, yang berarti digunakan untuk mengeksplorasi ide-ide baru dan menemukan inspirasi. Saat menggunakan Pinterest, Anda dapat mencari kata kunci tertentu atau menelusuri berbagai kategori untuk menemukan sesuatu yang menarik minat Anda. Misalnya, jika Anda merencanakan perjalanan ke Italia, Anda dapat menelusuri "Makanan Italia" atau "Perjalanan Italia". 

Untuk mengoptimalkan konten Anda untuk Pinterest, Anda perlu memastikan bahwa pin Anda berkualitas tinggi dan menarik secara visual. Anda juga harus menyertakan kata kunci yang relevan dalam deskripsi pin Anda sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan konten Anda saat mereka menelusuri sesuatu yang spesifik.

Selain itu, Pinterest juga merupakan alat yang hebat untuk membangun tautan balik ke situs web Anda . Saat menambahkan pin ke Pinterest, Anda dapat menyertakan tautan kembali ke sumber aslinya. Ini adalah backlink berharga yang dapat membantu meningkatkan peringkat situs web Anda di Google.

2020 membawa pengenalan Pin Ide yang merupakan kanvas multi-halaman yang memungkinkan pengguna untuk berbagi gambar, video, dan tip tentang topik tertentu. Tidak seperti Pin Pinterest asli, Pin Ide dibagikan untuk menumbuhkan audiens Anda di Pinterest daripada lalu lintas ke situs web Anda. Ini karena Pin Ide dirancang untuk digunakan sepenuhnya di Pinterest.

Karena Pinterest sekarang memprioritaskan konten yang membuat pengguna tetap di platform mereka, Pinterest menjadi alat untuk menemukan ide-ide baru dan menemukan inspirasi, bukan alat untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. 

Meskipun perubahan ini mungkin tampak luar biasa, masih ada peluang bagi bisnis untuk menggunakan Pinterest sebagai cara untuk meningkatkan kesadaran merek dan terhubung dengan audiens target mereka.

* * * * *

Perencanaan Kata Kunci

Memahami berbagai kata kunci yang digunakan orang untuk mencari konten di setiap platform sangat penting untuk mengoptimalkan pin dan posting blog Anda. Di bawah ini adalah beberapa perbedaan utama antara perencanaan kata kunci Google dan Pinterest.

Tren Pinterest

Saat Anda merencanakan kata kunci untuk Pinterest, penting untuk mempertimbangkan tren saat ini. Anda dapat menggunakan ala Tren Pinterest untuk melihat apa yang dicari orang di platform, dan bagaimana hal ini berubah dari waktu ke waktu. Ini adalah sumber daya berharga yang dapat membantu Anda memahami konten apa yang saat ini populer di Pinterest.

Misalnya, Anda dapat menelusuri kata kunci tertentu seperti "berkebun" dan melihat bagaimana volume penelusuran berubah dari waktu ke waktu. Dengan mempelajari tren ini, Anda dapat meningkatkan peluang membuat konten yang lebih mungkin dilihat dan dibagikan oleh pengguna.

Anda juga dapat menggunakan alat Tren Pinterest untuk melihat topik apa yang sedang tren di berbagai negara seperti Inggris Raya dan Kanada. Ini berguna jika Anda menargetkan negara tertentu dengan konten Anda.

Google SEO

Untuk melakukan perencanaan kata kunci untuk Google, Anda perlu memahami cara kerja SEO atau optimasi mesin pencari. Ini adalah proses mengoptimalkan situs web dan konten Anda sehingga muncul lebih tinggi di hasil pencarian.

Beberapa faktor berbeda dapat memengaruhi peringkat Anda di Google, termasuk kualitas konten Anda, jumlah tautan balik ke situs web Anda, dan kata kunci yang Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda dengan perencanaan kata kunci Anda untuk Google:

  • Gunakan alat Google Keyword Planner untuk meneliti kata kunci yang relevan untuk konten Anda. Alat ini akan menunjukkan kepada Anda rata-rata volume pencarian bulanan untuk kata kunci yang berbeda, serta biaya untuk menargetkan kata kunci tersebut dengan Google Ads.
  • Sertakan kata kunci ini di judul, heading, dan di seluruh isi konten Anda. Tetapi pastikan untuk menggunakannya dengan hemat dan organik, karena terlalu banyak kata kunci dapat dianggap "berlebihan" dan mengakibatkan konten Anda dihukum oleh Google.
  • Bangun Backlink ke situs web Anda dari situs web berkualitas tinggi. Ini akan membantu meningkatkan peringkat situs web Anda di Google.
  • Pastikan situs web Anda mobile-friendly dan dimuat dengan cepat. Anda dapat menggunakan alat PageSpeed ​​Insights Google untuk menguji kecepatan situs web Anda dan melakukan perbaikan jika perlu.
  • Google juga memprioritaskan konten segar, jadi penting untuk memperbarui situs web Anda secara teratur dengan posting blog baru dan sumber daya lainnya.

* * * * *

Magsud Pencarian Pengguna

Ketika seseorang mencari sesuatu di Google, mereka memiliki tujuan tertentu atau "Search Intent". Ini bisa berupa apa saja, mulai dari ingin mempelajari suatu topik, hingga mencari produk atau layanan tertentu.

Di sisi lain, orang sering menggunakan Pinterest sebagai platform penemuan, di mana mereka hanya menjelajahi berbagai topik yang mereka minati.

Perbedaan dalam maksud pencarian ini penting untuk diingat saat Anda merencanakan konten Anda.

Seperti yang Anda lihat, ada beberapa perbedaan utama antara bagaimana Anda dapat mengoptimalkan konten Anda untuk Google vs Pinterest. Tetapi pada akhirnya, tujuannya adalah untuk membuat konten berkualitas tinggi yang relevan dengan audiens target Anda.

Maksud Pengguna Pinterest

Saat pengguna menelusuri Pinterest, mereka biasanya berada di salah satu dari tiga pola pikir yang berbeda:

  • Mencari inspirasi: Mereka mungkin sedang mencari ide tentang apa yang akan dikenakan ke pesta pernikahan atau bagaimana mendekorasi rumah mereka.
  • Mencoba memecahkan masalah: Mereka mungkin mencari resep yang bebas gluten atau tips tentang cara menghilangkan jerawat.
  • Merencanakan masa depan: Mereka mungkin mencari ide tentang ke mana harus bepergian atau apa yang harus dibeli untuk acara mendatang.

Ingatlah hal ini saat Anda membuat konten. Jika Anda dapat memanfaatkan salah satu pola pikir ini, kemungkinan besar Anda akan menciptakan sesuatu yang sesuai dengan pengguna.

Niat Pengguna Google 

Saat seseorang menelusuri sesuatu di Google, mereka biasanya memiliki salah satu dari empat jenis niat yang berbeda:

  • Navigasi: Mereka ingin pergi ke situs web tertentu, seperti Facebook atau Amazon.
  • Informasi: Mereka ingin belajar tentang topik tertentu, seperti sejarah Amerika Serikat atau cara membuat kue.
  • Transaksional: Mereka ingin membeli produk atau layanan, seperti casing ponsel baru atau sepasang sepatu.
  • Komersial: Mereka berniat membeli dalam waktu dekat dan ingin melakukan riset terlebih dahulu, seperti mencari review laptop yang berbeda sebelum membelinya.

Jika Anda dapat mengidentifikasi jenis niat yang dimiliki pengguna, Anda dapat membuat konten yang kemungkinan besar akan berhasil.

* * * * *

Bagaimana Pengguna Berinteraksi Dengan Hasil Pencarian

Cara pengguna berinteraksi dengan hasil pencarian juga berbeda di Google dan Pinterest.

Interaksi Pengguna di Pinterest

Di Pinterest, pengguna lebih cenderung menggulir hasil pencarian dan mengklik pin yang menarik perhatian mereka. Ini berarti bahwa konten Anda harus menarik secara visual dan relevan dengan kueri penelusuran pengguna.

Berikut adalah beberapa tip untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan konten Anda di Pinterest:

  • Gunakan gambar berkualitas tinggi: Pinterest adalah platform visual, jadi penting untuk menggunakan gambar yang jelas dan menarik secara visual. 
  • Sertakan kata kunci dalam deskripsi pin Anda: Saat pengguna menggulir hasil pencarian, mereka akan dapat melihat deskripsi singkat dari setiap pin. Pastikan untuk menyertakan kata kunci yang relevan sehingga pengguna dapat dengan cepat melihat bahwa konten Anda relevan dengan apa yang mereka cari.  
  • Gunakan rich pin : Rich pin akan secara otomatis menyertakan informasi dari situs web Anda ke pin Anda, seperti pembuat, harga, atau bahan. Ini dapat membantu meningkatkan interaksi pengguna dengan memberi mereka lebih banyak informasi tentang konten Anda bahkan sebelum mereka mengkliknya.

Interaksi Pengguna di Google

Di Google, pengguna lebih cenderung memindai hasil pencarian dan mengklik beberapa hasil pertama yang relevan dengan kueri mereka. Ini berarti bahwa konten Anda harus ditulis dengan baik dan relevan dengan maksud pencarian pengguna.

Berikut adalah beberapa kiat lagi untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan konten Anda di Google:

  • Pastikan situs Anda mudah dinavigasi: Pengguna harus dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari di situs web Anda. Ini berarti bilah navigasi Anda harus jelas dan mudah digunakan.
  • Menulis untuk manusia, bukan robot: Penting untuk diingat bahwa Anda menulis untuk orang, bukan mesin pencari. Ini berarti bahwa konten Anda harus ditulis dengan baik dan mudah dimengerti.
  • Jadikan situs Anda responsif: Semakin banyak orang menggunakan perangkat seluler mereka untuk mengakses internet. Ini berarti bahwa situs web Anda harus dirancang agar responsif sehingga pengguna akan mendapatkan pengalaman yang baik terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan.
  • Optimalkan kecepatan situs Anda: Google memperhitungkan kecepatan situs saat memeringkat situs web. Ini berarti Anda harus mengoptimalkan situs web Anda agar dimuat dengan cepat .

Ini hanyalah beberapa perbedaan dan persamaan utama antara maksud dan interaksi pengguna Google dan Pinterest. Mereka harus diperhitungkan saat membuat konten untuk kedua platform.

* * * * *

Bagaimana Google dan Pinterest Terhubung : Penutup

Meskipun Google dan Pinterest mungkin tampak seperti dunia yang terpisah, mereka sebenarnya terhubung dalam beberapa cara.

Pertama, Anda dapat menautkan akun Pinterest Anda ke akun Google Anda. Ini memungkinkan Anda menggunakan Google Analytics untuk melacak lalu lintas yang berasal dari Pinterest ke situs web Anda.

Data ini dapat membantu dalam memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten Anda di Pinterest dan jenis konten apa yang paling populer.

Selain itu, karena kedua platform digunakan untuk pencarian, konten Anda berpotensi muncul di hasil pencarian Google dan Pinterest. Ini berarti penting untuk mengoptimalkan konten Anda untuk kedua platform.

Google dan Pinterest adalah dua situs web paling populer di dunia. Meskipun mereka melayani tujuan yang berbeda, ada beberapa persamaan dan perbedaan utama di antara mereka. Sebagai pembuat konten, penting untuk memahami perbedaan ini sehingga Anda dapat memanfaatkan kedua platform untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas dan keterlibatan untuk situs web Anda.

Saya harap Anda memahami apa yang saya sampaikan, semua ini adalah praktik SEO yang cukup ampuh digunakan, sekian dari saya tentang "Pinterest vs. Google untuk Meningkatkan Traffic" semoga beruntung dan Salam!

About the Author

Hello World! My name is Alexa, the person behind all Vluter.com.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.