10 Langkah Mudah Memperbaiki Gaya Penulisan Artikel

Ada beberapa gaya penulisan, dan banyak yang menyertakan kata-kata langsung sederhana, paragraf pendek, dan kalimat.
Gaya Penulisan Artikel

VLUTER.COM - Gaya Penulisan Artikel. Setiap penulis memiliki gaya penulisan pribadi yang sesuai dengan penggunaan kata, struktur kalimat, tingkat formalitas, dan seni menulis.

Seorang penulis hebat menggunakan gaya penulisan yang berbeda tergantung pada teksnya. Ada beberapa gaya penulisan artikel, dan banyak yang menyertakan kata-kata langsung sederhana, paragraf pendek, dan kalimat, untuk membuat pembaca tetap terlibat.

Tujuannya membedakan 4 gaya penulisan teratas. Para penulis menggunakan satu gaya pada satu waktu dan kemudian juga menggunakan gaya pribadi mereka dalam tulisan mereka.

* * * * *

Jenis-Jenis Gaya Penulisan Artikel

Tulisan Ekspositori Artikel

Gaya penulisan ekspositori mencakup fakta dan informasi daripada mendongeng. Misalnya, nonfiksi, penulisan ilmiah, artikel berita, dan artikel teknis.

Penulisan Deskriptif Artikel

Gaya penulisan deskriptif meliputi penulisan figuratif, dan detail sensorik untuk menciptakan gambaran di benak pembaca. Penyair menggunakan gaya penulisan ini dalam puisi mereka.

Penulisan Narasi Artikel

Gaya penulisan naratif meliputi plot, karakter, dan setting. Para penulis menggunakannya untuk menulis novel, cerita pendek, dan skenario.

Tulisan Persuasif Artikel

Penulis menggunakan gaya penulisan persuasif untuk memberi tahu pembaca pendapat mereka. Misalnya, surat pengantar, surat rekomendasi, dan jurnal akademik.

* * * * *

10 Langkah Mudah Memperbaiki Gaya Penulisan Artikel

Kesempurnaan adalah setiap pekerjaan yang datang setelah latihan. Penulis menulis setiap hari mulai dari artikel hingga posting media sosial, posting LinkedIn, email, dan buletin. Tingkatkan tulisan Anda dengan menggunakan kata-kata langsung dan sederhana, dan menggunakan nada percakapan.

Saya telah meningkatkan gaya menulis saya dengan menulis artikel di media. Ketika saya mulai menulis cerita panjang, dengan paragraf besar, dan saya tidak tahu bagaimana mengatur setting cerita. Saya telah belajar dan praktek.

Konsep Penulisan Artikel

Sebelum mulai menulis artikel, seorang penulis harus mengetahui konsep-konsepnya. Ia harus mampu menjelaskan konsep-konsep dalam tulisannya. Misalnya, jika artikel itu adalah penelitian ilmiah, maka hasilnya harus jelas dan tepat.

Buat garis besar Artikel

Membuat garis besar dokumen membantu untuk menutupi poin-poin penting dalam waktu singkat. Ini juga membantu untuk mencatat semua poin, pertanyaan, dan detail yang diperlukan dalam dokumen.

Gunakan kata-kata secara langsung

Pastikan tulisan Anda jelas dan langsung. Hindari kata keterangan yang tidak perlu, dan frasa preposisi, yang menutupi ruang dan kekuatan kalimat yang longgar.

Pilih kata dengan hati-hati 

Ada banyak cara untuk menulis kalimat, begitu pula ada banyak kata yang menyampaikan pesan dari cerita Anda. Cobalah untuk memilih kata-kata yang mirip daripada kata-kata sulit. Kata-kata sederhana terhubung dengan mudah dengan pembaca. Gunakan tesaurus untuk menemukan arti dan sinonim.

Tulis paragraf pendek

Pastikan paragrafnya pendek dan mudah dibaca. Paragraf pendek lebih mudah dipahami pembaca daripada paragraf panjang. Ingat, paragraf panjang adalah hal biasa dalam artikel ilmiah akademis. Dalam artikel informatif, paragraf harus pendek dan menarik.

Gunakan kalimat pendek yang kuat

Sebuah kalimat atau teks menunjukkan ide atau pemikiran penulis. Menambahkan terlalu banyak kata dalam kalimat membuatnya panjang dan membosankan. Kalimat pendek mudah dibaca, dan pembaca menikmatinya.

Hindari kalimat pasif Artikel

Menggunakan suara pasif dalam gaya penulisan membuatnya lebih kompleks, dan itu adalah cara yang lemah untuk terhubung dengan pembaca. Suara aktif adalah pendekatan langsung secara tertulis. Menggunakan kalimat aktif untuk subjek, kata kerja, dan struktur kalimat objek.

Koreksi dan edit setelah selesai

Pengoreksian dan penyuntingan sebelum penyerahan merupakan langkah penting dalam menulis. Periksa kata-kata Anda, kesalahan tata bahasa, struktur kalimat, dan skor keterbacaan untuk memperbaiki gaya penulisan Anda.

Gunakan nada percakapan 

Gaya penulisan Anda harus unik dan orisinal. Itu harus mencerminkan pikiran dan ide Anda sendiri. Menulis seperti Anda sedang berbicara dengan pembaca. Tulisan Anda harus mewakili kepribadian Anda.

Baca Penulis Populer

Langkah terakhir adalah membaca buku-buku karya penulis terkenal dan memahami gaya penulisan mereka. Cobalah untuk memahami pilihan kata dan nadanya. Saya telah menyusun daftar penulis terkenal di artikel sebelumnya. Saya akan membagikan tautan di bawah ini.

* * * * *

Kesimpulan

Gaya menulis mewakili suara penulis, ide, pikiran, pilihan kata, dan nada. Penulis harus memahami konsep sebelum menulis. Gunakan kata-kata sederhana langsung, tulis dalam paragraf pendek, gunakan kalimat pendek, hindari kalimat pasif, tulis dengan nada percakapan, dan ambil inspirasi dari penulis terkenal.

Jadi itula sedikit tips Langkah Mudah untuk Memperbaiki Gaya Penulisan Artikel. semoga bermanfaat, jangan lupa share ya guyss. Sekian dari saya semoga beruntung dan Salam!

About the Author

Hello World! My name is Alexa, the person behind all Vluter.com.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.